Selasa, 17 Maret 2015

Tugas Softskill Etika & Profesionalisme TSI

1. Jelaskan pengertian dari etika, ciri khas profesi, tata laku, dan etika berprofesi di bidang IT?

Etika  adalah cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab. Etika terbagi menjadi tiga bagian utama: meta-etika (studi konsep etika), etika normatif (studi penentuan nilai etika), dan etika terapan (studi penggunaan nilai-nilai etika).

2. Jelaskan pengertian profesionalisme beserta cirri-cirinya, kode etika dan ciri-ciri seorang professional di bidang IT

PROFESIONALISME
Profesionalisme adalah suatu kemampuan yang dianggap berbeda dalam menjalankan suatu pekerjaan . Profesionalisme dapat diartikan juga dengan suatu keahlian dalam penanganan suatu masalah atau pekerjaan dengan hasil yang maksimal dikarenakan telah menguasai bidang yang dijalankan tersebut.
Ciri-ciri profesionalisme:
Punya ketrampilan yang tinggi dalam suatu bidang serta kemahiran dalam menggunakan peralatan tertentu yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas yang bersangkutan dengan bidang tadi.
Punya ilmu dan pengalaman serta kecerdasan dalam menganalisis suatu masalah dan peka di dalam membaca situasi cepat dan tepat serta cermat dalam mengambil keputusan terbaik atas dasar kepekaan.
Punya sikap berorientasi ke depan sehingga punya kemampuan mengantisipasi perkembangan lingkungan yang terbentang di hadapannya.
Punya sikap mandiri berdasarkan keyakinan akan kemampuan pribadi serta terbuka menyimak dan menghargai pendapat orang lain, namun cermat dalam memilih yang terbaik bagi diri dan perkembangan pribadinya.

3. Jenis-jenis ancaman (threats) melalui IT, dan kasus-kasus cybercrime lainnya.

 

Berikut ini jenis-jenis ancaman di bidang IT dan kasus computer crime/cybercrime

Kasus Cybercrime yang sering Terjadi di Indonesia (As’ad Yusuf):
1.                Pencurian nomor kartu kredit;
2.                Pengambilalihan situs web milik orang lain;
3.                Pencurian akses internet yang sering dialami oleh ISP;
4.                Kejahatan nama domain;
5.                Persaingan bisnis dengan menimbulkan gangguan bagi situs saingannya.

Bentuk kejahatan yang berhubungan erat Modus Kejahatan Cybercrime dengan penggunaan TI Indonesia (Roy Suryo):
1. Unauthorized Access to Computer System ;

* Pencurian nomor kredit and Service;

* Memasuki, memodifikasi, atau merusak

2. Illegal Contents; homepage (hacking);
3. Data Forgery;

* Penyerangan situs atau e-mail melalui

4. Cyber Espionage;virus atau spamming.
5. Cyber Sabotage and Extortion;
6. Offense Against Intellectual Property;
7. Infringement of Privacy.

Sistem keamanan yang berkaitan dengan Tipenya cybercrime menurut Philip masalah keuangan dan e-commerce:

a. IT  Audit Trail merupakan salah satu fitur dalam suatu program yang mencatat semua kegiatan           yang dilakukan tiap user dalam suatu tabel log, Real Time Audit adalah suatu sistem untuk                 mengawasi kegiatan teknis dan keuangan, IT Forensik merupakan Ilmu yang berhubungan                  dengan pengumpulan fakta dan bukti pelanggaran keamanan sistem informasi.
b. Audit through the computer adalah audit yang dilakukan untuk menguji sebuah sistem informasi         dalam hal proses yang terotomasi, logika pemrograman, edit routines, dan pengendalian program,       sedangkan Audit around the computer adalah pendekatan audit dimana auditor menguji keandalan       sebuah informasi yang dihasilkan oleh komputer dengan terlebih dahulu mengkalkulasikan hasil         dari sebuah transaksi yang dimasukkan dalam sistem.
c. Contoh prosedur it audit = Tahapan perencanaan, Mengidentifikasi resiko dan kendali,                         mengevaluasi  kendali dan mengumpulkan bukti-bukti, mendokumentasikan dan mengumpulkan         temuan-temuan serta mengidentifikasikan dengan audit, menyusun laporan.
    Contoh Lembar Kerja IT Audit beserta studi kasusnya:
    Gambar berikut ini merupakan contoh lembar kerja pemeriksaan IT Audit. Gambar A untuk contoh     yang masih ‘arround the computer‘, sedangkan B contoh ‘through the computer‘.


d. Beberapa tools IT audit dan forensic:
    Nessus: sebuah vulnerability assessment software.
    Metasploit Framework : sebuah penetration testing tool.
    NMAP:  utility untuk melakukan security auditing.
    Galleta. Tool yang ditulis oleh Keith J Jones untuk melakukan analisis forensic terhadap cookie           Internet Explorer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar